Jumat, 08 April 2022

Manajemen Layanan Sistem Informasi

Framework pada ITSM ( INFORMATION TECHNOLOGY SERVICE MANAGEMENT)

 

Pengertian ITSM  

Merupakan sebuah aktivitas yang berada di perusahaan  dengan mengacu dan terlibat pada proses membuat, merancang, mendukung, menyampaikan, dan mengelola siklus hidup layanan teknologi informasi itu sendiri, dengan fokus utama pada pelayanan terbaik kepada konsumen ITSM mengukur efisiensi operasional dalam memberikan solusi dan bagaimana mengelola sistem ini agar memenuhi harapan yang diinginkan.

Manfaat pada ITSM :

            1. Meningkatkan Kualitas dan Efesiensi.

            2. Memberikan Pelayanan yang maksimal bagi konsumen.

            3. Efisien dalam pengambilan waktu dan penghematan dalam biaya.

            4.Dapat membangun kerjasama dalam antar bagian bisinis.

 



Fungsi Framework

Kerangka kerja digunakan untuk membantu programmer untuk membangun sebuah aplikasi dalam desktop maupun website yang tersusun rapi. Ini adalah bagian ITSM karena dapat memberi kualitas yang terbaik dengan kecepatan yang lebih efisien  dalam membangun sebuah pelayanan yang terbaik bagi konsumen.




Framework pada ITSM

ITSM menekankan pada pendekatan yang dipimpin oleh proses. Proses ini terdiri dari kumpulan praktik terbaik dan disebut Framework. Framework ITSM berfokus pada layanan daripada sistem – tidak seperti disiplin TI lainnya seperti manajemen jaringan, yang lebih fokus pada teknologi.

 

Framework ITSM mengacu pada proses dan Teknik kolektif yang diperlukan untuk mengelola dan mendukung layanan Teknologi Informasi. Framework ITSM mendukung spektrum penuh layanan TI - langsung dari jaringan, aplikasi, dan layanan bisnis lengkap, dengan cara yang independen dari vendor. Beberapa kerangka kerja dan standar ITSM seperti ITIL, IT4IT, eTOM atau COBIT berkontribusi untuk menentukan teknik operasi standar dan layanan pendukung di dalam perusahaan sambil memberikan nilai dan keuntungan efisiensi bagi tim operasi TI.

 



Framework yang digunakan pada ITSM

Perusahaan di seluruh dunia sering kali memanfaatkan ITIL dan kerangka kerja lainnya untuk mempertahankan kebutuhan keseluruhan mereka. Framework ITSM yang paling populer dan banyak digunakan disebut ITIL (Information Technology Infrastructure Library). ITIL bertujuan untuk meningkatkan pengiriman TI untuk mendukung berbagai tujuan bisnis, selain itu Berikut adalah beberapa kerangka kerja populer yang diterapkan bersama ITIL :

 

ISO 20000

adalah sertifikasi manajemen teknologi informasi (TI) Meskipun tidak dinyatakan secara jelas dalam standar ISO2000, mempersiapkan perusahaan TI untuk sertifikasi ISO 20000 biasanya melibatkan penyebaran prinsip-prinsip ITIL.

 

COBIT

Framework tata kelola TI COBIT pengembang COBIT ISACA memandang ITIL sebagai kerangka kerja yang menandingi COBIT. Sementara COBIT menawarkan tata kelola dan jaminan sedangkan ITIL memberikan pengawasan untuk manajemen layanan.

 

The Business Process Framework (eTOM)

Sebagai upaya kolektif, TeleManagment Forum dan itSMF membangun Catatan Aplikasi untuk eTOM (GB921) yang menunjukkan bagaimana kedua framework dapat dipetakan satu sama lain. Ini menjelaskan bagaimana elemen dan aliran proses eTom dapat mendukung proses yang diidentifikasi dalam ITIL.

 

FitSM

FitSM adalah standar untuk manajemen layanan ringan. Framework ITIL ini relatif mirip dengan ISO 20000 dari ITIL Versi 2 tetapi mencakup Manajemen Portofolio Layanan dari versi ITIL yang lebih baru.

 

 

REFRENSI

-          https://www.vads.co.id/berita/apa-itu-it-service-management/#:~:text=Pengertian%20IT%20Service%20Management,layanan%20teknologi%20informasi%20itu%20sendiri

-          https://www.sekawanmedia.co.id/blog/pengertian-framework/

-          https://freshservice.com/itsm/itsm-framework#:~:text=An%20ITSM%20framework%20focuses%20on,and%20support%20Information%20Technology%20services

 

 

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sistem Multimedia

  TUGAS APLIKASI MULTIMEDIA   1.        Jelaskan apa manfaat multimedia dalam kehidupan sehari-hari!  Secara umum, aplikasi multimedia...