Framework pada ITSM ( INFORMATION TECHNOLOGY SERVICE
MANAGEMENT)
Pengertian ITSM
Merupakan sebuah aktivitas yang berada di perusahaan dengan mengacu dan terlibat pada proses
membuat, merancang, mendukung, menyampaikan, dan mengelola siklus hidup layanan
teknologi informasi itu sendiri, dengan fokus utama pada pelayanan terbaik kepada konsumen ITSM
mengukur efisiensi operasional dalam memberikan solusi dan bagaimana mengelola
sistem ini agar memenuhi harapan yang diinginkan.
Manfaat pada ITSM :
1. Meningkatkan
Kualitas dan Efesiensi.
2. Memberikan Pelayanan
yang maksimal bagi konsumen.
3. Efisien dalam pengambilan
waktu dan penghematan dalam biaya.
4.Dapat membangun kerjasama
dalam antar bagian bisinis.
Fungsi Framework
Kerangka kerja digunakan untuk
membantu programmer untuk membangun sebuah aplikasi dalam desktop maupun website
yang tersusun rapi. Ini adalah bagian ITSM karena dapat memberi kualitas yang
terbaik dengan kecepatan yang lebih efisien dalam membangun sebuah pelayanan yang terbaik
bagi konsumen.
Framework pada ITSM
ITSM menekankan pada pendekatan yang dipimpin oleh
proses. Proses ini terdiri dari kumpulan praktik terbaik dan disebut Framework.
Framework ITSM berfokus pada layanan daripada sistem – tidak seperti disiplin
TI lainnya seperti manajemen jaringan, yang lebih fokus pada teknologi.
Framework ITSM mengacu pada proses dan Teknik kolektif
yang diperlukan untuk mengelola dan mendukung layanan Teknologi Informasi. Framework
ITSM mendukung spektrum penuh layanan TI - langsung dari jaringan, aplikasi,
dan layanan bisnis lengkap, dengan cara yang independen dari vendor. Beberapa
kerangka kerja dan standar ITSM seperti ITIL, IT4IT, eTOM atau COBIT
berkontribusi untuk menentukan teknik operasi standar dan layanan pendukung di
dalam perusahaan sambil memberikan nilai dan keuntungan efisiensi bagi tim
operasi TI.
Framework
yang digunakan pada ITSM
Perusahaan di seluruh dunia sering kali memanfaatkan
ITIL dan kerangka kerja lainnya untuk mempertahankan kebutuhan keseluruhan
mereka. Framework ITSM yang paling populer dan banyak digunakan disebut ITIL
(Information Technology Infrastructure Library). ITIL bertujuan untuk
meningkatkan pengiriman TI untuk mendukung berbagai tujuan bisnis, selain itu Berikut
adalah beberapa kerangka kerja populer yang diterapkan bersama ITIL :
ISO 20000
adalah sertifikasi manajemen teknologi informasi (TI) Meskipun
tidak dinyatakan secara jelas dalam standar ISO2000, mempersiapkan perusahaan
TI untuk sertifikasi ISO 20000 biasanya melibatkan penyebaran prinsip-prinsip
ITIL.
COBIT
Framework tata kelola TI COBIT pengembang COBIT ISACA
memandang ITIL sebagai kerangka kerja yang menandingi COBIT. Sementara COBIT
menawarkan tata kelola dan jaminan sedangkan ITIL memberikan pengawasan untuk
manajemen layanan.
The Business
Process Framework (eTOM)
Sebagai upaya kolektif, TeleManagment Forum dan itSMF
membangun Catatan Aplikasi untuk eTOM (GB921) yang menunjukkan bagaimana kedua framework
dapat dipetakan satu sama lain. Ini menjelaskan bagaimana elemen dan aliran
proses eTom dapat mendukung proses yang diidentifikasi dalam ITIL.
FitSM
FitSM adalah
standar untuk manajemen layanan ringan. Framework ITIL ini relatif mirip dengan
ISO 20000 dari ITIL Versi 2 tetapi mencakup Manajemen Portofolio Layanan dari
versi ITIL yang lebih baru.
REFRENSI
-
https://www.vads.co.id/berita/apa-itu-it-service-management/#:~:text=Pengertian%20IT%20Service%20Management,layanan%20teknologi%20informasi%20itu%20sendiri
-
https://www.sekawanmedia.co.id/blog/pengertian-framework/
-
https://freshservice.com/itsm/itsm-framework#:~:text=An%20ITSM%20framework%20focuses%20on,and%20support%20Information%20Technology%20services
Tidak ada komentar:
Posting Komentar