Sabtu, 16 April 2022

Manajemen Layanan Sistem Informasi

Information Technology Infrastructure Library



APA ITU ITIL

ITIL adalah perpustakaan volume yang menggambarkan kerangka kerja praktik terbaik untuk memberikan layanan TI. ITIL telah melalui beberapa revisi dalam sejarahnya dan saat ini terdiri dari lima buku, masing-masing mencakup berbagai proses dan tahapan siklus hidup layanan TI. Pendekatan sistematis ITIL terhadap manajemen layanan TI dapat membantu bisnis mengelola risiko, memperkuat hubungan pelanggan, menetapkan praktik hemat biaya, dan membangun lingkungan TI yang stabil yang memungkinkan pertumbuhan, skala, dan perubahan.

 

Sejarah ITIL

                Awal mula Dikembangkan oleh Central Computer and Telecommunications Agency (CCTA) pemerintah Inggris selama tahun 1980-an, Badan Komputer dan Telekomunikasi Pusat (CCTA) Inggris mengakui pentingnya memahami TI sebagai layanan dan menerapkan praktik yang konsisten di seluruh siklus hidup layanan TI, sehingga mengembangkan metodologi Manajemen Infrastruktur Teknologi Informasi Pemerintah. CCTA merilis ITIL v1 pada tahun 1989.

 

Versi-versi pada ITIL

 

ITIL v1

Pada tahun 1989, tujuan ITIL adalah untuk menstandarisasi manajemen layanan TI (ITSM). Tahap pertama ini memberikan gambaran umum tentang cara menyederhanakan layanan dan membantu admin mulai memikirkan praktik terbaik.

ITIL v2

ITIL v2 menawarkan kepada admin sebuah struktur yang lebih dapat diterapkan dan seragam untuk dukungan dan pengiriman layanan, dan itu organisasi.mencakup proses aktual untuk diikuti oleh organisasi.

ITIL v3


Pedoman Layanan Strategy

 


ITIL v3 memberikan pandangan yang lebih luas pada layanan TI dan menambahkan pedoman tentang service strategy, desain layanan, transisi layanan, dan operasi layanan.

Operasi Layanan, yang menjelaskan tujuan bisnis dan kebutuhan pelanggan, serta bagaimana menyelaraskan tujuan kedua entitas.

Desain Layanan, yang menguraikan praktik untuk produksi , arsitektur, dan dokumentasi TI.

Transisi Layanan, yang memberikan saran tentang manajemen yang akan memandu admin melalui gangguan dan perubahaan linkungan.

Operasi Layanan yang menawarkan bantuan operasi pada TI.

 

ITIL v4

ITIL v4 dirancang untuk membantu admin TI menganalisis  Revolusi Industri Keempat dan memberikan panduan untuk peran manajemen TI dalam ekonomi layanan. ITIL v4 mengakomodasi pendekatan yang lebih baru, seperti DevOps, otomatisasi, container, layanan mikro, dan cloud. Ini juga menekankan integrasi ITSM dengan area bisnis lainnya.

 

ITIL bagi perusahaan

Nilai ITIL bisa sulit untuk diukur. Tujuan ITIL atau Framework ITSM apa pun  tidak hanya untuk meningkatkan kemampuan TI, tetapi juga untuk menemukan cara menciptakan nilai bisnis dan memecahkan masalah bisnis dengan TI. ITIL menawarkan kerangka kerja komprehensif yang dirancang untuk membantu bisnis mengatur sumber daya dan proses mereka untuk menciptakan kemampuan baru yang memberikan nilai bisnis. Tetapi ITIL tidak menentukan sebuah opsi karena yang akan menjalankannya adalah perusahaannya.

Karena, ITIL memberikan layanan yang jauh lebih luas daripada itu dengan menawarkan perangkat untuk pedoman umum yang sangat mudah untuk diadaptasi dan mengikuti perkembangan yang ada. Jika itu dapat dikembangkan baik oleh perusahaan maka dapat membawa manfaat bisnis yang penting

 

Refrensi :

https://www.techtarget.com/searchdatacenter/definition/ITIL

https://www.cio.com/article/272361/infrastructure-it-infrastructure-library-itil-definition-and-solutions.html

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sistem Multimedia

  TUGAS APLIKASI MULTIMEDIA   1.        Jelaskan apa manfaat multimedia dalam kehidupan sehari-hari!  Secara umum, aplikasi multimedia...