Information
Technology Infrastructure Library
APA ITU ITIL
ITIL
adalah perpustakaan volume yang menggambarkan kerangka kerja praktik terbaik
untuk memberikan layanan TI. ITIL telah melalui beberapa revisi dalam
sejarahnya dan saat ini terdiri dari lima buku, masing-masing mencakup berbagai
proses dan tahapan siklus hidup layanan TI. Pendekatan sistematis ITIL terhadap
manajemen layanan TI dapat membantu bisnis mengelola risiko, memperkuat
hubungan pelanggan, menetapkan praktik hemat biaya, dan membangun lingkungan TI
yang stabil yang memungkinkan pertumbuhan, skala, dan perubahan.
Sejarah ITIL
Awal
mula Dikembangkan oleh Central Computer and Telecommunications
Agency (CCTA) pemerintah Inggris selama tahun 1980-an, Badan Komputer dan
Telekomunikasi Pusat (CCTA) Inggris mengakui pentingnya memahami TI sebagai
layanan dan menerapkan praktik yang konsisten di seluruh siklus hidup layanan
TI, sehingga mengembangkan metodologi Manajemen Infrastruktur Teknologi
Informasi Pemerintah. CCTA merilis ITIL v1 pada tahun 1989.
Versi-versi
pada ITIL
ITIL v1
Pada tahun
1989, tujuan ITIL adalah untuk menstandarisasi manajemen layanan TI (ITSM). Tahap
pertama ini memberikan gambaran umum tentang cara menyederhanakan layanan dan
membantu admin mulai memikirkan praktik terbaik.
ITIL v2
ITIL v2
menawarkan kepada admin sebuah struktur yang lebih dapat diterapkan dan seragam
untuk dukungan dan pengiriman layanan, dan itu organisasi.mencakup proses
aktual untuk diikuti oleh organisasi.
ITIL v3
ITIL v3
memberikan pandangan yang lebih luas pada layanan TI dan menambahkan pedoman
tentang service strategy, desain layanan, transisi layanan, dan operasi layanan.
Operasi Layanan, yang menjelaskan tujuan bisnis dan kebutuhan pelanggan, serta
bagaimana menyelaraskan tujuan kedua entitas.
Desain
Layanan, yang menguraikan praktik untuk produksi , arsitektur, dan dokumentasi
TI.
Transisi
Layanan, yang memberikan saran tentang manajemen yang akan memandu admin melalui
gangguan dan perubahaan linkungan.
Operasi
Layanan yang menawarkan bantuan operasi pada TI.
ITIL v4
ITIL v4
dirancang untuk membantu admin TI menganalisis Revolusi Industri Keempat dan memberikan
panduan untuk peran manajemen TI dalam ekonomi layanan. ITIL v4
mengakomodasi pendekatan yang lebih baru, seperti DevOps, otomatisasi,
container, layanan mikro, dan cloud. Ini juga menekankan integrasi ITSM
dengan area bisnis lainnya.
ITIL bagi perusahaan
Nilai
ITIL bisa sulit untuk diukur. Tujuan ITIL atau Framework ITSM apa pun tidak hanya untuk meningkatkan kemampuan TI,
tetapi juga untuk menemukan cara menciptakan nilai bisnis dan memecahkan
masalah bisnis dengan TI. ITIL menawarkan kerangka kerja komprehensif yang
dirancang untuk membantu bisnis mengatur sumber daya dan proses mereka untuk
menciptakan kemampuan baru yang memberikan nilai bisnis. Tetapi ITIL tidak
menentukan sebuah opsi karena yang akan menjalankannya adalah perusahaannya.
Karena,
ITIL memberikan layanan yang jauh lebih luas daripada itu dengan menawarkan
perangkat untuk pedoman umum yang sangat mudah untuk diadaptasi dan mengikuti perkembangan
yang ada. Jika itu dapat dikembangkan baik oleh perusahaan maka dapat membawa
manfaat bisnis yang penting
Refrensi :
https://www.techtarget.com/searchdatacenter/definition/ITIL
https://www.cio.com/article/272361/infrastructure-it-infrastructure-library-itil-definition-and-solutions.html


Tidak ada komentar:
Posting Komentar